Rabu, 26 Desember 2012

Gallery Dunia.com

Gallery Dunia.com

Link to gallerydunia.com

Mata Lelaki VS Mata Perempuan

Posted: 25 Dec 2012 04:45 AM PST





Cowok dan cewek emang sama-sama tertarik pada hal-hal yang visual. Tapi, menurut buku Why Men Don't Listen and Women Cant Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce, ada beberapa perbedaan antara mata cewek dengan mata cowok. Ini berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.


1. Pandangan cewek lebih melebar, pandangan cowok lebih tajam
Cowok sering banget kepergok lagi ngelirik cewek lain yang lewat di sebelahnya. Padahal, cewek juga sering kok mengagumi cowok ganteng yang kebetulan melintas. Bedanya , cewek nggak perlu menoleh karena jangkauan pandangan cewek lebih dari 180 derajat. Ini karena mata cewek punya lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya.

Mata cowok ukurannya lebih besar dari mata cewek, dan otak menyusunnya seperti sebuah terowongan. Artinya, cowok bisa ngeliat lebih jelas, lebih tepat, dan lebih jauh dibanding cewek. Mirip teropong deh.

2. Cowok lebih bisa melihat di dalam gelap
Kalo udah malem, lebih baik jangan serahkan tugas nyetir pada cewek. Soalnya, ternyata cowok emang lebih mahir ngeliat di dalam gelap dibanding cewek. Apalagi, cowok juga punya kemampuan spasial yang lebih baik di otak kanannya.

Sebaliknya, cewek biasanya kesulitan melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas juga bikin sebagian besar cewek sulit menentukan arah laju kendaraan lain di malam hari.

3. Mata cewek bisa melihat lebih banyak

Sejak ribuan tahun yang lalu, otak cowok dipersiapkan untuk berburu. Kita harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak kita secara otomatis menyempitkan penglihatan kita supaya bisa memusatkan perhatian pada satu hal yang khusus , misalnya binatang buruan.

Pada cewek nggak seperti ini. Sebagai spesies yang terbiasa bertugas melindungi sarang atau tempat tinggal, otak cewek pun terprogram untuk mengolah semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah kenapa cewek lebih gampang mencari barang hilang dibanding cowok, karena otaknya bisa memproses lebih banyak 'gambar' dalam satu waktu dibanding cowok.

Misteri Angka yang Ada Dalam Tubuh Manusia

Posted: 25 Dec 2012 04:19 AM PST



1. 900 km/jam

Kecepatan batuk. Artinya berangkat kerja dari rumah di Depok hingga ke kantor di kawasan Kuningan Jaksel hanya butuh waktu 0,0036 kecepatan batuk! Tentu saja bebas macet

2. 2 Gigi

Perokok yang menghabiskan satu bungkus rokok per hari, beresiko kehilangan 2 atau lebih gigi setiap 10 tahun ketimbang non-perokok. Masalahnya, gigi yang tidak terawat dapat mengurangi 3,7 tahun masa hidup anda. Penyakit periodontal, mengundang bakteri yang kemudian melakukan ekspansi ke aliran daerah

3. 500 Bakteri

Pesta di mulut anda. Ada sekitar 500 jenis bakteri di rongga mulut anda, sedangkan lidah anda memiliki 10.000 pengecap yang masing-masing terdiri dari 50 sel-sel perasa. Sepanjang hidup, anda akan memproduksi 23.600 liter air liur, cukup untuk mengisi kolam renang di Senayan.

4. 1,4 Kg

Berat otak anda. Relatif sama dengan berat laptop yang anda tenteng tiap hari. Tapi ukuran bukanlah indicator dari kejeniusan. Buktinya berat otak Einsten di bawah rata-rata, cuma 1,2 kg. Hampir dari 80% isi otak adalah air dan menyerap 25% dari keseluruhan kebutuhan akan oksigen dan gula pada system sirkulasi tubuh. Otak anda berhenti berkembang ketika anda berusia 18 tahun, dengan kemampuan berpikir lebih dari 4 tetrabite (tepatnya: 4.194.304 megabite).

5. 177 km/jam
Kecepatan bersin. Ketika anda bersin, maka semprotan udara plus air liur, kuman dan materi-materi lain meluncur sangat cepat-secepat valentine Rossi menggeber Yamaha nya di tikungan

6. 150gr
Berat 'pup' anda. Itu per hari, jadi dalam setahun anda mengumpulkan 55 kg-padahal 68% dari kita umumnya 'ke belakang' sekali sehari

7. 28gr
Berat satu bola mata. Kira-kira setara dengan 5 keping uang logam Rp 500 (yang berwarna tembaga-emas) seperti kebanyakan manusia lain, anda membaca 25% lebih cepat pada kertas ketimbang di layar komputer. Penglihatan pria lebih teliti kepada detil ketimbang wanita, maka sebaiknya urus saja sendiri pembelian asuransi itu, jangan serahkan pada istri anda. Mau tahu kenapa wanita identik dengan kata 'genit'? sebab wanita 50% lebih sering mengedip ketimbang pria!

8. 1 menit
Cuci darah. Kedua ginjal anda rata-rata membersihkan 1 liter darah per menitnya. Setiap hari, mereka menyaring dan menjernihkan 1.700 liter- jika diasumsikan bensin, mungkin cukup untuk mengisi 31 mobil kijang, full tank!!!

9. 680ml
Keringat dalam sehari. Barangkali cukup untuk membersihkan kaca depan mobil Rav-4 anda. Keringat membantu mengatur suhu tubuh sekaligus mengeluarkan zat-zat buruk yang tidak dibutuhkan tubuh, semacam residu. Jika anda mengeluarkan 680 ml keringat per hari, berarti 20 liter per bulan dan 240 liter per tahun. Seumur hidup barangkali anda mengeluarkan 18.000 liter atau setara dengan satu truk besar bensin pertamina yang tiap hari anda lihat di jalan. Di Jakarta, Rio de Janeiro, Singapura dan kota-kota beriklim tropis orang akan berkeringat lebih banyak: 4 liter sehari!!

10. 10%
Populasi orang kidal di dunia. Jika anda termasuk salah satunya, anda berbakat menjadi alkoholik sekaligus akan menyerah pada penyakit Chron-radang usus kecil yang membuat usus sering terasa 'kosong'. Sebaliknya penelitian ahli Prancis menyebutkan orang kidal akan sukses di olahraga satu lawan satu seperti tinju, tennis, bulutangkis, tetapi bukan catur….

11. 96.650km
Panjang seluruh pembuluh darah. Itu sama artinya dengan jarak bumi mengelilingi matahari

12. 2m2
Luas kulit di tubuh. Barangkali anda butuh untuk mengganti bass drum di rumah anda? Hebatnya, beratnya tak lebih dari dua kali berat otak anda

13. 8 kali

Bom gas anda dalam sehari!! Tidak peduli seganteng apapun seorang pria atau secantik apa pun wanita, dia akan kentut 8 kali sehari.


Sumber : http://portalsehat.com

Perempuan Lajang dan Impian nya.

Posted: 24 Dec 2012 11:18 PM PST




Setiap orang pasti memiliki pemikiran dan impian-impian tentang suatu hubungan yang bahagia. Michelle Cove, seorang penulis, melakukan penelitian dengan mewawancarai lebih dari 100 perempuan. Dia mencoba menentukan apa saja yang menjadi keinginan dan mimpi dari para perempuan lajang tentang suatu hubungan. Setelah mewawancarai para peremuan tersebut, Cove menyimpulkan semua keinginan dan impian tersebut dalam 12 kategori.

1. Pencari "soulmate"
Perempuan ini percaya setiap orang memiliki belahan jiwa dan ia akan melakukan apa saja untuk bisa menemukan "the one". Sayangnya, kadang-kadang ia terlalu terfokus untuk mencari pria yang tepat sehingga melewatkan pria-pria lain yang mungkin akan cocok untuknya.

2. Ingin bangkit
Lajang yang baru saja mengakhiri hubungan yang menyakitkan akan melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk bangkit dari keterpurukan dan menjadi lebih baik. Ia tidak menyesali apa yang terjadi dan berusaha mengambil hikmah dari semua peristiwa yang terjadi.

3. Mengalir saja
Perempuan seperti ini lebih suka membiarkan hidupnya mengalir begitu saja. Dia lebih suka hidup sendiri daripada berburu pria dengan berbagai cara. Bila akhirnya ia bertemu jodoh, hal itu terjadi secara alami.

4. Menunggu

Mereka percaya dengan kisah-kisah dongeng, di mana para perempuan menunggu untuk "diselamatkan" oleh seorang pangeran. Perempuan ini yakin suatu saat akan ada pria yang mampu mengangkat kehidupannya dan ia memilih menunggu kehadiran pria tersebut.

5. Telat kawin
Seumur hidupnya ia memuaskan keinginan dirinya untuk meraih kepuasan, entah itu dalam karier, pergaulan, maupun pencapaian lainnya. Ketika akhirnya ia merasa sudah waktunya mencari calon suami, ia menghentikan begitu saja segala aktivitas yang semula menjadi prioritasnya.

6. Tipe bebas

Perempuan pada kategori ini selalu mengkhawatirkan apakah dia harus memilih antara hidup sendiri dan berkomitmen. Biasanya, dia akan memilih hidup sendiri, tetapi bebas menentukan arah hidupnya.
7. Ingin menikah
Perempuan ini biasanya baru akan berkhayal tentang suatu pernikahan setelah seumur hidupnya tidak memedulikan konsep pernikahan. Hal ini biasanya terdorong oleh suatu peristiwa besar yang membuka pikirannya bahwa sesuatu yang semula diyakininya ternyata tidak tepat.

8. Pembelot
Perempuan yang tak lagi ingin hidup dengan cara yang sama yang dijalani komunitasnya meskipun dulunya ia juga penganut gaya hidup tersebut. Ia ingin menemukan cara yang sesuai dengan pilihan hatinya meskipun itu berarti harus meninggalkan teman-temannya.

9. Ingin beda
Perempuan yang ingin menikah, tetapi juga merasakan kekuatan untuk menjalani suatu pernikahan yang tidak konvensional. Perbedaan itu bisa dimulai sejak menentukan konsep pernikahannya.

10. Menjadi ibu
Perempuan ini selalu berpikir, suatu saat ia pasti akan menjadi ibu. Namun, dia berharap tidak ada orang lain yang mendesaknya segera mewujudkan harapannya itu. Bahkan, kadang-kadang ia sebenarnya merasa tidak harus menikah untuk mempunyai anak.

11. Lambat dan mantap

Perempuan ini, mungkin juga seperti kebanyakan perempuan pada umumnya, berharap menikah pada waktu yang tepat. Sementara itu, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak menghiraukan segala desakan atau tekanan dari teman-teman atau keluarganya untuk segera menikah.

12. Para perintis

Perempuan ini merasa kehidupan pernikahan tidak cocok untuknya. Maka, ia mencoba menemukan cara baru untuk mendapatkan kebahagiaan.

Setiap orang pasti memiliki kategori sendiri karena pada dasarnya jalan hidup setiap orang memang berbeda. Tidak ada orang yang sempurna dalam menjalani sebuah hubungan. Jadi, termasuk dalam kategori apakah Anda?

Alasan mengapa pria seringkali bersikap membingungkan

Posted: 24 Dec 2012 10:57 PM PST




Lagu 'Hot and Cold' yang dibawakan Katy Perry sepertinya cocok menggambarkan sikap pria yang seringkali membingungkan wanita. Kadang pria begitu hangat dan memperhatikan pasangannya, tapi bisa berubah menjadi dingin dan cuek. Apa sebenarnya yang membuat mereka begitu?

Virginia Feingold Clark, relationship coach menjelaskan dalam situs eharmony beberapa alasan mengapa pria seringkali bersikap seperti itu.

1. Belum Matang Secara Emosional
Kebanyakan pria yang bertingkah 'pasang-surut' memang belum dewasa secara emosional. Mereka bersikap manis dan baik hanya pada masa pendekatan karena haus akan tantangan untuk menaklukkan hati wanita yang menarik perhatiannya. Namun pada beberapa pria immature, ketika sudah mendapatkan wanita yang diinginkan, mereka justru kehilangan gairah yang dimiliki. Hal ini bisa dialami setiap wanita, seberapa pun cantik, pintar ataupun menariknya mereka.

2. Belum Siap Berkomitmen
Banyak juga pria yang memang belum siap untuk berkomitmen dalam suatu hubungan. Mungkin ia memang menyukai Anda, tetapi ia belum siap jika harus benar-benar terikat pada satu wanita saja. Dibandingkan membuat keputusan, lebih mudah baginya untuk menggantungkan hubungannya, hingga ia merasa sudah siap dan cocok dengan wanita tersebut. "Rasa bimbang inilah yang membuatnya bersikap tidak konsisten dan cenderung berubah-ubah terhadap Anda", jelas pakar hubungan tersebut.

3. Menemukan Wanita Idaman Lain

"Benci mengatakannya, tapi seringkali perubahan sikap ini karena pria sudah menemukan seseorang yang lebih menarik perhatiannya dan dia ingin mendapatkannya. Atau bisa jadi karena dia hanya ingin berkumpul dan main bersama teman-temannya. Ini memang persoalan pria," ujar Virginia.

4. Faktor Hormon
Menurut Virginia, pria memerlukan hormon testosteron 30 kali lebih banyak daripada wanita untuk merasa lebih baik. Ketika level testosteron tinggi, karakter pria umumnya akan lebih kuat. Ketika dia terhubung secara emosional dengan wanita, selama beberapa saat, hormon oksitosin (hormon pengatur mood bahagia) mulai meningkat.

"Hormon ini membangkitkan perasaan nyaman dan senang pada pria maupun wanita tapi terlalu banyak oksitosin bisa menghalangi produksi testosteron. Dalam titik ini, pria menjadi pribadi yang hangat tapi mendadak bisa dingin. Dia pun harus membentuk lagi testosteronnya," jelas Virginia.

Ia juga menambahkan, seperti halnya karet, sikap pria secara naluriah akan melonggar hingga hormonnya kembali tinggi. Dalam proses ini, jangan heran bila dia kembali perhatian lagi pada Anda setelah bersikap cuek berhari-hari. Yang bisa Anda lakukan, berilah dia waktu untuk menyendiri sejenak dan jangan mendesaknya. Dalam beberapa saat, dia pasti akan kembali lagi pada Anda.

5. Dia Seorang Player

Pakar percintaan Grant Langston menguraikan,"Ini alasan utama yang ada di pikiran saya. Pertama, bisa karena si wanita telah melakukan atau mengatakan sesuatu yang membuat dia berpikir, 'O-ow. Dia ternyata tidak seperti yang aku harapkan.' Kedua karena pria tersebut memang tidak ingin serius dan hanya ingin mempermainkannya. Dia menginginkan sesuatu, dan ketika sudah mendapatkannya, ketertarikannya pun hilang."

5 Ritual unik pemanggil hujan yang ada di Indonesia.

Posted: 24 Dec 2012 10:55 PM PST



Untuk mendatangkan hujan, teknik yang sering dilakukan adalah dengan melakukan penyemaian awan dengan menggunakan bahan yang bersifat higroskopik (menyerap air), sehingga proses pertumbuhan butir-butir hujan di dalam awan akan meningkat dan selanjutnya akan mempercepat terjadinya hujan.

Awan yang digunakan untuk membuat hujan buatan adalah jenis awan Cumulus (Cu) yang bentuknya seperti bunga kol. Setelah lokasi awan diketahui, pesawat terbang yang membawa bubuk khusus yang terdiri dari glasiogenik berupa Perak Iodida, diterbangkan menuju awan. Pesawat juga membawa bubuk untuk "menggabungkan" butir-butir air di awan yang bersifat higroskopis seperti garam dapur atau Natrium Chlorida (NaCl), atau CaCl2 dan Urea.

Namun selain menggunakan teknik ilmiah seperti yang diterangkan diatas, ada juga cara mendatangkan hujan dengan melakukan ritual. Tentunya tak ada penjelasan ilmiah dalam sebuah ritual, hanya berdasarkan keyakinan secara turun temurun dan telah jadi tradisi.

Apa saja ritual tersebut? Berikut adalah lima ritual pemanggil hujan yang ada di Indonesia.

1. Ritual Ojung (Bondowoso)


Ritual Ojung diawali dengan tarian Topeng Kuna dan Rontek Singo Wulung. Puncak dari ritual ini adalah pertandingan adu rotan yang dilecutkan ke tubuh. Pesertanya terdiri dari pria dewasa mulai dari usia 17 hingga 50 tahun. Selain untuk memohon hujan, ritual ini juga dimaksudkan untuk menolak bala bagi masyarakat desa sekitar.

2. Ritual Cowongan (Banyumas)


Cowongan, yang jika diartikan oleh warga setempat artinya menghiasi wajah. Ritual cowongan ini adalah ritual yang dengan sengaja dilakukan seseorang untuk menghias wajah, ritual ini dipercaya dapat menurunkan hujan berkat bantuan Dewi Sri yang merupakan dewi pangan serta pemberi kesejahteraan bagi umat manusia. Yang boleh melakukan ritual Cowongan hanyalah kaum wanita. Menurut cerita warga setempat, yang datang dan merasuki properti Cowongan adalah bidadari sehingga kaum laki-laki tidak boleh memegang properti itu.

3. Ritual Unjungan (Purbalingga & Banjarnegara)


Seperti ritual Ojung, Unjungan merupakan tradisi adu pukul menggunakan rotan yang dilakukan kedua pria. Sebelum beradu pukul berlangsung biasanya pemain Unjungan akan menari terlebih dahulu dangan iringan musik, setelah musik selesai barulah mereka beradu. Ritual ini akan terus dilakukan jika hujan belum juga turun, namun jumlahnya dihitung secara ganjil. Apabila setelah tiga kali dilaksanakan masih belum turun hujan, maka Unjungan dilaksanakan lagi sebanyak tujuh kali, begitu seterusnya.

4. Ritual Cambuk Badan Tiban (Tulungagung)


Ritual adu cambuk ini dilakukan untuk meminta hujan yang dilakukan oleh warga Desa Wajak, Boyolali, Tulungagung. Dulunya tradisi Cambuk Badan Tiban dilakukan oleh Tumenggung Surotani II untuk mencari bibit prajurit yang tangguh, namun seiring pergeseran zaman, tradisi Cambuk badan tiban dijadikan cara untuk mendatangkan hujan bagi warga setempat. Darah yang keluar akibat dari cambukan inilah yang dipercaya warga akan mendatangkan hujan.

5. Ritual Gedub Ende (Bali)


Serupa dengan ritual Ojung dan Unjungan, Gedub Ende pun menampilkan dua pria yang beradu rotan dalam ritualnya. Rotan dalam masyarakat Bali disebut Ende, sedangkan Gedub merupakan alat yang digunakan untuk menangkis rotan yang digunakan peserta. Dalam pertarungan Gedub Ende ada seorang wasit yang bernama Saye. Wasit inilah yang nantinya memberikan peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Darah yang ditimbulkan dalam pertarungan Gedub Ende diyakini warga akan mendatangkan hujan.

5 Cara Salah Saat Berkomunikasi dengan Suami

Posted: 24 Dec 2012 10:51 PM PST





Banyak anggapan yang mengatakan bahwa komunikasi adalah kunci utama dari pernikahan yang bahagia. Sayangnya, memiliki komunikasi yang tepat dan lancar pada pasangan bukanlah hal yang mudah.

Bahkan tak jarang, kesalahan komunikasi membuat Anda dan pasangan mengalami cekcok. Menurut buku Winning Your Husband Back Before It's Too Late yang ditulis oleh Gary Smalley, berikut adalah lima cara untuk mencegah pertengkaran ketika berkomunikasi dengan pasangan:

1. Jangan Membanjiri Pasangan dengan Masalah Sepulangnya Bekerja

Pada waktu bekerja, pria sudah menemui banyak masalah yang harus diatasi dan diselesaikan. Hal yang terakhir ingin ditemuinya adalah berurusan kembali dengan masalah-masalah sepulangnya bekerja. Insting natural dari makhluk hidup ketika menjumpai masalah adalah dengan melawan ataupun menghindarinya. Begitu juga ketika Anda memborbardirnya dengan bermacam-macam masalah, biasanya ia hanya akan menyelesaikan satu atau dua masalah, ataup malah menghindari komunikasi dengan Anda.

2. Langsung Bicara Pada Intinya

Berbicaralah langsung pada intinya dan jangan bertele-tele. Meskipun kebanyakan wanita sering bertele-tele ketika menyampaikan masalahnya, pastikan bahasa yang Anda gunakan pendek dan juga enak untuk didengar. Fokuskan pada hal-hal yang positif agar perasaan pasangan dapat menjadi lebih baik dan mengurangi terjadinya perselisihan. Tetapi tetap sampaikan masalah yang terjadi agar semuanya terselesaikan dengan baik.

3. Aturan Saat Bertengkar
Kadangkala pertengkaran memang dibutuhkan dalam sebuah hubungan pernikahan. Namun, bukan berarti pertengkaran tersebut terjadi 'meledak-ledak', atau menyinggung perasaan pasangan. Berikut adalah 14 aturan bertengkar dengan pasangan:

- Klarifikasi konflik yang sebenarnya terjadi
- Fokus pada masalah
- Lakukan kontak fisik yang dapat meredakan ketegangan seperti berpegangan tangan.
- Hindari sarkasme.
- Jangan menggunakan kalimat yang seolah-olah menuduh pasangan.
- Jangan menggunakan pernyataan yang membesar-besarkan masalah.
- Selesaikan rasa sakit hati yang dialami sebelum berdiskusi dengan pasangan.
- Jangan memanggilnya dengan bahasa yang kurang menyenangkan.
- Jangan menggunakan kata-kata yang bersifat mengancam seperti, "Saya akan pergi dari rumah ini".
- Saling berdiam diri tidak akan menyelesaikan masalah.
- Simpan argumen yang Anda miliki, bukan diumbar hingga memperbesar masalah yang terjadi.
- Simak baik-baik apa yang dikatakan oleh pasangan, sebelum langsung menyimpulkannya begitu saja.
- 'Win-win solution' untuk kedua belah pihak.
- Tunjukkan rasa hormat dan juga menghargai pada pasangan

4. Tidak Menyalahkan Pasangan

Menyalahkan pasangan atas hal yang terjadi mungkin bisa membuat perasaan menjadi lega. Namun, bukannya selesai, masalah yang terjadi justru akan semakin memanas. Bertanggung jawablah atas kesalahan yang Anda lakukan, dan gunakan bahasa yang baik dan penuh hormat saat berkomunikasi dengan pasangan agar tetap tercipta atmosfer komunikasi yang baik.

5. Menjaga Rahasia Pasangan

Ketika sedang marah ataupun kesal, seringkali kita membicarakan kejelekan pasangan kepada teman ataupun keluarga. Sebenarnya, dengan membicarakan kejelekan pasangan pada orang lain, hanya akan membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi menjauh. Selain itu, menceritakan kejelekan suami, akan membuat ia kehilangan harga diri di depan teman atau keluarga Anda.

Ritual Mandi Ludah di India

Posted: 24 Dec 2012 10:48 PM PST




Ritual kuno berumur ratusan tahun di India mengajarkan masyarakat Hindu kasta rendah untuk berguling di sisa makanan yang dibuang oleh kasta lebih tinggi. Hal itu dipercayai mereka dilakukan untuk menghilangkan penyakit. Yang unik, meski ritual ini telah ditentang oleh banyak pihak, masyarakat pelaku ritual ini tetap tak mau berhenti melakukan ritualnya.

Ritual ini sendiri disebut Made Snana atau Mandi Ludah, yakni ritual yang umum dilakukan di propinsi Karnataka ketika perayaan rutin yang dilakukan di kuil berumur 4000 tahun Kukke Subramanya. Ritual ini juga dilakukan di kuil Sri Krishna di kota Udupi.

Sebagai bagian dari ritual kuno, para Dalit, sebutan untuk anggota kasta paling rendah, berguling melintasi sisa makanan yang dimakan para brahmana, sebutan untuk orang dengan kasta lebih tinggi. Dengan bergulingnya mereka di sisa makanan tersebut, diyakini, semua kesusahan dan penyakit akan hilang dan disembuhkan.Festival rutin ini diikuti hingga 25.000 orang yang berguling di 'sisa makanan' para Brahmana.

Sementara, di sisi lain, ada sebagian Dalit yang tergabung dalam Organisasi Kesejahteraan Dalit, yang menganggap ritual ini tidak manusiawi dan tak dapat diterima. Jika memang dapat menyembuhkan penyakit secara efektif, harusnya pemerintah pusat menutup rumah sakit dan lembaga kesehatan formal lainnya.

Sedangkan pihak yang memprotes lainnya menganggap tradisi ini tak berbeda jauh kejahatannya dengan tradisi sati dimana para janda dibakar saat pemakaman suaminya. Bahkan menteri social dan kesejahteaan, A. Narayanaswamy, yang juga seorang Dalit, mengatakan bahwa tak ada toleransi bagi ritual ini. Ia tak peduli kasta mana yang berguling atau kasta mana yang membuang makanan, ritual ini tetap menjadi sebuah hal yang sangat tidak ilmiah dan menjijikan.

Penjelasan akan ritual aneh ini pun dijelaskan oleh salah satu pengikutnya, seorang astrolog, Kabyadi Jayarama Acharva. Menurutnya, Snana tak ada hubungannya dengan pembagian kasta. "para Brahmana yang makan dianggap sebagai representasi dewa Subramanya, dan sisa mereka dianggap berkah dewa. Saya sendiri berguling snana saat umur 16 tahun dan penyakit kulit saya sembuh.

Beberapa pihak meyakini bahwa ada efek psikologis yang timbul saat melakukan ritual ini sehingga menyebabkan keyakinan pada diri mereka dan membantu menyembuhkan penyakit atau bahkan menyelesaikan problema yang mereka dapatkan.

Sementara debat mengenai ritual ini terus berjalan, ternyata satu-satunya cara untuk mengehentikan ritual ini adalah dengan merubah keyakinan para pengikutnya yang tentunya membutuhkan waktu lama untuk meyakininya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar