Kamis, 20 Februari 2014

Gallery Dunia.com

Gallery Dunia.com

Link to gallerydunia.com

Mengenang Kisah Kesombongan Titanic, Kapal Abadi di Dasar Samudera

Posted: 19 Feb 2014 12:28 PM PST


Siapa tak kenal kapal laut legendaris Titanic? Meski telah tenggelam lebih dari satu abad, kisah tentang Titanic tak pernah usang ditelan waktu. Titanic masih sangat baru saat mulai berlayar pada 10 April 1912, bahkan cat di beberapa badan kapal masih belum kering.

Perusahaan penciptanya sangat bangga dengan kelahiran Titanic yang langsung menyandang gelar kapal terbesar dan termegah di dunia. Akibatnya, keselamatan penumpang luput dari pantauan perusahaan.

Peringatan akan adanya gunungan es yang telah dikirimkan berkali-kali diabaikan para awak kapal Titanic. Sampai akhirnya tabrakan maut itu tak terelakan. Kapal raksasa itu terbelah dua sebelum benar-benar tenggelam.

Senin dini hari, 15 April 1912 merupakan akhir perjalanan yang baru ditempuh salah satu mahakarya dunia, Titanic. Kapal tersebut tenggelam dan lebih dari 1500 penumpangnya tewas di tempat.

Bagaimana kisah mencekam yang menimpa kapal super mewah Titanic? Berikut lika-liku perjalanannya termasuk sejumlah fakta menarik di balik tenggelamnya salah satu mahakarya dunia seperti dikutip dari The History of Titanic, The Angle Fire, Titanic Belfast, dan sejumlah sumber lainnya

Titanic lahir sebagai kapal uap terbesar di dunia



Kapal pesiar Royal Mail Steamer (RMS) Titanic merupakan produk yang lahir dari persaingan ketat antar jalur. Pelayaran pada paruh pertama abad 20. White Star Line merupakan perusahaan yang berupaya menyaingi Cunard, perusahaan Inggris yang telah memiliki dua kapal laut paling canggih dan mewah.

Pada 31 Maret 1909, White Star Line memulai pembangunan kapal super besar Titanic bersama dengan kapal canggih lainnya, Olympic. Sebanyak 15 ribu pekerja dikerahkan untuk bekerja tanpa henti membangun dua kapal raksasa kembar tersebut.

Kapal Olympic rampung lebih dulu pada 1910 dan diluncurkan pada 20 Oktober tanpa insiden apapun. Sementara adik kembarnya, Titanic baru rampung dibangun pada 31 Mei 1911 dan siap diluncurkan ke depan masyarakat umum. Ambisi Direktur Pelaksana White Star Line memang membangun kapal yang lebih besar dari yang pernah ada.

Benar saja, Titanic lahir sebagai kapal uap terbesar dan termegah di dunia. Tak heran, peluncurannya mampu menarik lebih dari 100 ribu orang yang berbondong-bondong datang menyaksikannya.

Butuh satu tahun untuk membuat Titanic terlihat mewah


Pada 31 Mei 1911, perusahaan mulai melakukan uji coba atas Titanic. Butuh waktu 60 detik untuk meluncurkannya ke perairan dengan bantuan dua ton sabun dan minyak kereta.
Kapal tersebut lalu meluncur ke Sungai Lagan di Belfast. Dalam tes lintasan pertamanya tersebut, Titanic memang tidak mengalami hambatan apapun.

Melihat keberhasilan tersebut, kapal pesiar raksasa itu ditarik kembali dermaga. Ribuan pekerja menghabiskan waktu selama satu tahun untuk membangun dek kapal, interior mewah dan memasang 29 mesi uap raksasa di bagian bawah kapal.

Titanic dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah. Para tamu bisa bersantai di arena pemandian atau menghabiskan waktu dengan bermain tenis, berenang dan berolahraga di gym. Kapal tersebut memang dibuat khusus atas dasar kemewahan dan ukuran, bukan kecepatannya.

Sejak dibangun Titanic sudah menelan nyawa


Butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan konstruksi Titanic sepanjang 882 kaki dan selebar 92 kaki. Bekerja membangun kapal mewah itu sangat berisiko, sulit dan berbahaya. Sebanyak delapan nyawa pekerja konstruksi melayang dalam proyek pembangunan Titanic. Hampir 250 pekerja mengalami luka-luka karena kecelakaan dalam konstruksi tersebut.
Meski dengan korban nyawa, RMS Titanic seberat 52.310 ton menjadi kapal penumpang terbesar di dunia.

Titanic, kapal super modern yang dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan


Terinspirasi inovasi teknologi dari revolusi industri, White Star Line ingin Titanic melambangkan teknologi modern, teknik, keamanan dan kemewahan. Kapal tersebut menghadirkan lampu listrik, elevator dan pemanas ruangan.

Para insinyur merancang Titanic dengan mengusung keselamatan sebagai prioritas utama. Kapal memiliki baja ganda dan 16 kompartemen terpisah yang mampu saling menutup dalam keadaan darurat.

Dalam pelayarannya, Titanic juga mampu membawa 64 sekoci. Akibat keyakinan berlebihan atas tangguhnya Titanic, White Star Line memutuskan hanya membawa 16 sekoci. Jumlah tersebut dikombinasikan dengan sekoci lipat lainnya.

RMS Titanic diberi julukan `unsinkable` (tak pernah bisa tenggelam)

10 April 1912 merupakan tanggal di mana Titanic berlayar untuk pertama kalinya. Kapal bergerak dari Southampton, Inggris menuju New York. White Star Line mempublikasikannya secara besar-besaran ke hadapan dunia.

Bahkan perusahaan menjulukinya sebagai kapal yang tak pernah bisa tenggelam (The Unsinkable). Promosi besarnya sukses menarik kalangan bangsawan dan industrialis kaya. Setelah berlabuh di Prancis dan Irlandia, Titanic mulai melintasi Samudra Atlantik. Kapal berfasilitas kabin super mewah itu melintasi samudera dengan 2.216 penumpang.

Detik-detik menjelang tenggelamnya kapal raksasa Titanic


Sejarah megahnya mahakarya Titanic berubah selama-lamanya saat kapal raksasa itu menabrak gunungan es pada minggu malam 14 April 1912. Titanic menerima sejumlah peringatan tentang adanya gunungan es melalui telegraf nirkabel, tapi Kapten Edward Smith tidak meminta krunya untuk memperlambat laju kapal atau mengubah haluan.

Operator radio lebih peduli menyampaikan pesan pribadi kepada para penumpang daripada melanjutkan peringatan gunung es tersebut. Sekitar pukul 23:40 tengah malam, awak kapal melihat gunungan es tepat di jalur kapal. Secepat mungkin nahkoda mengambil tindakan untuk menghindari tabrakan.

Belokan tajam yang diupayakan awak kapal ternyata tak berhasil mencegah tabrakan. Sisi kanan kapal menabrak gunungan es itu dan merusak bagian lambungnya. Kapten Smith memerintahkan para kru menghentikan kapal untuk menilai kerusakan akibat tabrakan itu.

Awalnya, hanya lima kompartemen yang kebanjiran dan kapten telah menutup pintu-pintu kedap air untuk mencegah masuknya air tambahan. Sayangnya, air mengalir deras dari bagian atas dan masuk melalui lubang-lubang lain yang menyebabkan lebih dari dua kompartemen kapal mengalami kebanjiran dalam waktu singkat. Tak ada kemungkinan lain, Titanic akan segera tenggelam secara tragis.

Para penumpang Titanic mulai panik dan histeris


Tabrakan keras tersebut membuat seluruh penumpang panik dan histeris. Para penumpang berlarian dan berhamburan ke atas dek kapal berusaha menyelamatkan diri.

Kepanikan penumpang semakin dahsyat saat semua mengetahui sekoci yang disediakan tak cukup untuk menampung semuanya. Bayangkan saja, dengan penumpang melebihi 2000 orang, perusahaan hanya menyediakan 16 sekoci darurat.

Para penumpang mulai histeris berebut naik ke sekoci untuk menyelamatkan diri. Terbatasnya sekoci membuat wanita dan anak-anak didahulukan naik. Sayangnya, kesempatan menyelamatkan hidup ini juga tidak dimaksimalkan oleh para awak kapal yang juga merasa tertekan dengan kejadian yang tak pernah diduga ini. Sekoci-sekoci pertama yang berkapasitas 65 orang hanya diisi belasan orang saja.

Titanic berubah menjadi kapal pencabut nyawa


Suasana mencekam pada Senin dini hari, 15 April menyelimuti kemegahan Titanic yang sudah setengah tenggelam. Harus diakui, meski semua sekoci diisi dengan kapasitas penuh, tak sampai setengah dari total penumpang bisa diselamatkan.

Evakuasi yang dilakukan di tengah kepanikan tersebut semakin menakutkan saat kapal terpecah dan terbagi dua. Satu per satu para penumpang berjatuhan begitu saja ke laut lepas. Sebagian penumpang memilih meninggal tenggelam bersama kapal. Sebanyak tujuh musikus tetap memainkan alunan musik merdu di tengah suasana mengerikan tersebut. Para pemain musik terus berupaya menenangkan para penumpang Titanic sibuk menyelamatkan diri.

Kapal yang terbelah dua pada pukul 2:18 dini hari itu tenggelam utuh dua menit setelahnya. Para penumpang yang mengambang di atas laut akhirnya mati karena kedinginan. Sebagian di antaranya bahkan ditemukan beku karena dinginnya air di perairan Atlantik.

Fakta-fakta di balik tenggelamnya Titanic

1. Setelah menabrak gunungan es, RMS Titanic masih bertahan di atas laut selama 2,5 jam.
2. Hanya 16 sekoci dan empat perahu lain disiapkan di atas Titanic. Sekoci pertama yang diturunkan ke laut kurang dari setengah kapasitasnya.
3. Banyak penumpang yakin Titanic tak bisa tenggelam. Mereka juga mengabaikan peringatan gunungan es dan terus berpesta.
4. Harga tiket kelas pertama di Titanic sekitar US$ 50 ribu atau setara Rp 596 juta
5. Banyak sekali anjing di atas kapal dan hanya dua ekor yang berhasil diselamatkan pemiliknya.
6. Seorang pria memakai pakaian wanita agar diijinkan masuk ke atas sekoci penyelamatan.
7. Seorang pria bernama Charles Joughin mampu bertahan di atas dinginnya perairan Atlantik karena minum banyak alkohol dan mabuk berat sebelum kapal tenggelam.
8. Millvina Dean, merupakan korban selamat yang paling muda dari tenggelamnya Titanic. Wanita yang saat itu masih berusia 9 minggu meninggal pada 31 Mei 2009.
9. Titanic merupakan kapal yang menyediakan kolam air panas pertama di dunia.
10. Kapalnya masih sangat baru saat berlayar pada 10 April 1912. Bahkan masih ada beberapa bagian kapal yang catnya belum kering.
11. Beberapa korban selamat melaporkan sedikitnya ada satu letusan tembakan saat kepanikan berebut masuk ke sekoci meningkat.
12. Kisah tenggelamnya Titanic difilmkan pada 1997 dan memenangkan beberapa penghargaan.

Keterangan korban selamat
1. 324 penumpang kelas satu, 201 orang selamat
2. 277 penumpang kelas dua, 118 orang selamat
3. 708 penumpang kelas tiga, 181 orang selamat
4. 885 awak kapal, 212 orang selamat
5. 13 musisi, tak ada yang selamat

Total korban selamat berjumlah 712 orang. Sementara lebih dari 1.500 orang menghembuskan nafas terakhirnya seiring tenggelamnya kapal maut Titanic.

Gua Terpenting Bagi Umat Islam, Gua Hira

Posted: 19 Feb 2014 12:20 PM PST



 
Di Arab Saudi, ada wisata gua yang paling populer untuk diziarahi jamaah haji setiap tahunnya. Ini adalah Gua Hira, gua kecil di Gunung Jabal Nur, tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Illahi.

Jabal Nur berada di kawasan Hejaz atau sekitar 7 km dari Masjidil Haram. Untuk menuju ke tempat ini, biasanya wisatawan hanya merogoh kocek 10 Riyal atau Rp 27.000 bila menggunakan taksi.

Keberadaan Gua Hira membuat Jabal Nur menjadi begitu spesial di mata para jamaah. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam jika ingin sampai di gua tersebut.

Anda harus mendaki track yang sudah ada. Ketika sampai di puncak Jabal Nur, Anda harus menuruni tebing yang agak curam. Kali ini track yang dilalui sudah bukan tumpukkan batu, tapi tangga permanen.

Dari situs Mecca.net, Kamis (17/10/2013) disebutkan gua ini berukuran tidak besar dengan panjang 3,5 meter, lebar 1,5 meter. Di dalam gua, hanya bisa menampung sekitar 4 orang saja. Dari puncak Jabal Nur, Anda bisa melihat Masjidil Haram di kejauhan.

Dalam sejarah, Nabi Muhammad sudah sejak lama suka datang ke Gua Hira untuk menenangkan pikiran. Hingga suatu hari wahyu turun melalui Malaikat Jibril. Lantas, dimulailah proses panjang Muhammad menjalankan tugas kenabiannya pada usia 40 tahun.




 
Tak heran, umat Muslim menyebut gunung tersebut dengan sebutan Jabal Nur atau gunung yang bercahaya. Turunnya wahyu dari Allah kepada Nabi Muhammad, adalah titik awal cahaya Islam yang terus menerus benderang hingga kini.

Pada saat musim haji, kunjungan wisata religi ke Gua Hira mencapai puncaknya. Setiap hari, puluhan ribu orang datang silih berganti untuk melihat gua mungil, tempat Nabi Muhammad berkontemplasi.

Arti Dari Enam Warna Bunga Mawar

Posted: 19 Feb 2014 12:15 PM PST


Wanita mana yang menolak sebuket mawar.. Tapi, tahukan Anda, ada pesan khusus yang ingin disampaikan pengirim dalam setangkai atau sebuket bunga berisi beberapa jenis mawar berwarna berbeda. Sebelum mengirim mawar untuk si dia atau orang-orang terkasih, Anda perlu tahu apa arti dibalik warna-warna mawar, seperti dikutip Reader Digest.

Merah: Cinta dan Romantis


Mawar adalah salah satu simbol paling universal untuk mengungkap cinta sejati. Sepanjang sejarah dan lintas budaya, mawar juga digunakan sebagai simbol politik dan sifat religius.

Kuning: Persahabatan, Kebahagiaan, Cepat sembuh


Kuning erat terkait dengan matahari, yang menjadikan mawar sangat cocok untuk membuat orang bahagia. Mawar kuning mengirim pesan penghargaan dan cinta platonis tanpa romantisme. Mawar kuning merepresentasikan perasaan gembira dan bahagia semata.

Pink: Cinta, Syukur, Apresiasi


Merah muda lekat dengan konotasi rasa syukur dan keanggunan serta semua hal yang manis dan romantisme. Warna yang sama juga merupakan simbol rasa syukur dan penghargaan, dan merupakan cara tradisional untuk mengucapkan terima kasih.

Mawar pink berhubungan dengan kelembutan dan kekaguman. Juga dapat digunakan sebagai ungkapan simpati.

Putih: Kesucian, Simpati, Spiritualitas


Tradisi awal menggunakan mawar putih sebagai simbol cinta sejati, yang dalam perkembangan selanjutnya menjadi ciri khas mawar merah.

Warna putih juga dikenal sebagai warna pernikahan tradisional. Dalam hal ini, putih mewakili penyatuan, kebajikan, dan kemurnian cinta. Mawar putih juga terkait dengan kehormatan dan penghormatan, bagi orang yang dicintai dan telah meninggal dunia.

Oranye: Tertarik, Antusiasme dan Gairah


Warna yang berasal dari campuran kuning dan merah ini dipandang sebagai jembatan persahabatan yang diwakili oleh mawar kuning dan cinta yang disimbolkan oleh mawar merah.

Mawar oranye bisa mengekspresikan daya tarik, atau sebagai ungkapan, "Saya bangga padamu."

Ungu: Pesona, Kesetiaan, Cinta pandangan pertama


Warna ungu memiliki hubungan tradisional dengan kesetiaan. Nuansa mawar ungu juga menunjukkan suasana keagungan dan kemegahan. Atau bisa jadi pengirim ingin mengatakan terpesona atau jatuh cinta pada pandangan pertama.

Misteri Injil Kuno Pengungkap Kerasulan Muhammad SAW

Posted: 19 Feb 2014 12:11 PM PST


Perhatian dunia tertuju ke Turki. Beberapa hari ini, publik dihebohkan dengan terungkapnya sebuah misteri yang terkandung dalam Injil berusia 1500 tahun yang tersimpan di Turki.



Yang membuat heboh, Injil kuno itu mengungkap sebuah fakta yang mengguncang keimanan, terutama bagi umat Kristiani. Betapa tidak. Injil Barnabas itu mengajarkan ajaran yang berbeda dibanding doktrin Kristen dunia.

Ya, Injil Barnabas itu meyakini Yesus (Isa) sebagai utusan, bukan Tuhan. Menurut Huffingtonpost, Injil Barnabas pun meyakini adanya utusan (nabi) penerus risalah Isa, yang berasal keturunan Nabi Ismail, yakni Nabi Muhammad SAW.

Barnabas dipercayai sebagai salah seorang murid Isa di Yerussalem. Barnabas yang bernama asli Yusuf, bersama para murid lainnya menyebarkan ajaran Isa. Barnabas adalah seorang Yahudi suku Lewi yang berasal dari Siprus. Dalam Wikipedia, Hajj Sayed berpendapat. terdapat pertikaian antara Paulus dan Barnabas dalam surat Galatia ketika keduanya menjalani misi dakwah menuju Syprus (45-49 M).

Ini yang mendukung perbedaan injil Barnabas dengan ajaran Paulus. Injil Barnabas ini berbeda dengan Kodeks Sinaiticus, karena menggunakan bahasa Aramik bukan Yunani kuno. Bahasa Aramik diyakini sebagai bahasa yang digunakan Nabi Isa atau Yesus. Berbeda dengan berbagai Injil lainnya, kitab Barnabas diyakini ditulis Barnabas selama berada di Siprus, setelah berpisah dari Paulus.

Di Siprus inilah pengikut Barnabas berkembang hingga lebih dari seribu tahun. Bila ditelusuri ada benang merah pengungkapan Injil Barnabas di Turki dengan tempat ajaran Barnabas yang berkembang di Siprus.

Ada sebuah biara di utara Siprus Turki yang disebut sebagai Biara Rasul St Barnabas, yang didirikan oleh pengikut setia sekte Barnabas. Dan di dalam biara inilah diyakini Barnabas dikuburkan hingga ia meninggal dunia. Pengikut sekte Barnabas inilah yang diyakini menulis ulang Injil Barnabas pada abad ke-5 masehi.

Sekitar 1980-an, biara ini telah dirampok oleh sekelompok orang. Mereka menggali lantai dan dinding biara selama malam hari. Tidak diketahui apa yang mereka incar. Diduga sekelompok orang itu telah mencuri sesuatu terkubur di dalam dinding.

Seorang wartawan Siprus mengklaim telah menemukan salinan Alkitab yang sangat kontroversial dari St Barnabas. Ia kemudian mencoba menyelidiki fakta itu. Tak lama kemudian, ia temukan tewas tertembak.

Sekitar 12 tahun lalu, polisi Turki dalam sebuah operasi menemukan sebuah Alkitab tua dari seorang warga siprus yang hijrah ke Turki. Ada beberapa rumor tentang kabar itu. Pihak polisi tak membenarkan dan menolak kabar itu.

Puncaknya, tiga hari lalu, sebuah Alkitab tersebut telah dipublikasikan untuk pertama kalinya setelah 12 tahun disimpan pemerintah Turki. Saat ini Alkitab ini disimpan di museum negara Turki dan telah menjadi perhatian dunia termasuk dari Vatikan.

Biosentrisme, Teori Hidup Setelah Mati Versi Ilmiah

Posted: 19 Feb 2014 11:53 AM PST




Dalam dunia sains, mahluk hidup memiliki siklus lahir, hidup, lalu musnah (mati). Sementara pandangan ada kehidupan setelah mati hanya ada dalam doktrin agama. Pada akhirnya, apa yang tertulis dalam kitab-kitab suci mulai diterima secara ilmiah.

Sebuah penelitian ilmiah terbaru menunjukkan kematian bukanlah pemberhentian terakhir. Observasi ilmiah yang dilakukan menyimpulkan kehidupan dan kematian ternyata berkorespondensi dengan "alam lain" (multiverse).


Paparan ilmiah tersebut dijelaskan oleh teori ilmiah bernama biosentrisme. Menurut teori ini, kendati tubuh dirancang untuk hancur sendiri, namun ada sebuah 'energi' yang bekerja dalam otak, yaitu 'perasaan hidup' mengenai 'siapakah saya'.

"Energi itu tidak musnah ketika manusia mati," tulis ilmuwan terkemuka dunia dan pengarang buku Biocentrism, Robert Lanza.

Menurut Lanza, energi 'perasaan hidup' itu tak tercipta, tapi tak juga bisa musnah. Lantas, apakah energi ini berpindah dari satu dunia ke dunia lain?

Sebuah eksperimen yang belum lama ini dipublikasikan dalam jurnal Science memperlihatkan para ilmuwan bisa mengubah sesuatu yang sudah terjadi pada masa lalu. Lewat percobaan yang menggunakan beam splitter (perangkat optik yang membelah berkas cahaya), partikel-partikel energi diputuskan keberadaannya. Ternyata, dari situ dapat ditentukan apa yang berlaku pada partikel ini pada masa lalu sehingga seseorang dapat menyelami pengalaman di masa lalu.

Kaitan antara pengalaman dan semesta ini melampaui gagasan-gagasan manusia mengenai ruang dan waktu. Tapi biosentrisme sendiri menyatakan, ruang dan waktu bukan obyek sulit seperti yang dibayangkan.

Teori ini menganalogikan waktu sebagai udara yang sia-sia untuk ditangkap manusia karena memang tak pernah bisa diraih. "Anda tak bisa melihat apa pun melalui tulang tengkorak yang menyelimuti otak Anda," kata Robert Lanza. "Apa yang Anda lihat dan rasakan sekarang adalah putaran informasi pada otak Anda."

Menurut biosentrisme, ruang dan waktu semata-mata adalah alat penghimpun informasi secara bersamaan. Karena itulah, dalam dunia yang tidak ada ruang dan waktu, tak ada istilah kematian.

Energi itu kekal


Dalam bukunya, "Ghosthunters," peneliti hantu John Kachuba menulis, "Einstein membuktikan bahwa seluruh energi di alam semesta adalah tetap dan tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Jadi apa yang terjadi denmgan energi itu ketika kita mati? Jika itu tak dapat dihancurkan, energi itu pastinya, menurut Einstein, berubah menjadi energi dalam bentuk lain. Apakah energi baru itu? Apakah kita bisa menyebut kreasi baru itu hantu?"

Gagasan ini muncul dan diusulkan sebagai bukti adanya hantu. Sebuah kelompok di Amerika Serikat yang bernama Tri County Paranormal menyatakan, "Ketika kita hidup, kita memiliki energi listrik dalam tubuh kita. Apa yang terjadi dengan listrik yang berada dalam tubuh kita, yang membuat jantung berdenyut dan kita bernafas?"

Jawaban pertanyaan itu sebenarnya sangat sederhana dan tidak misterius. Setelah seseorang meninggal, energi dalam tubuh mereka maupun seluruh organisme lain pindah ke lingkungan. Ketika seorang manusia mati, energi yang tersimpan dalam tubuh mereka dilepas dalam bentuk panas, dan pindah ke binatang yang mengonsumsi jasad itu, baik binatang liar maupun bakteri dan cacing serta tumbuhan yang menyerap nutrisi dari tanah. Jika jasad itu dikremasi, energi dilepas dalam bentuk panas dan cahaya.

Ketika kita makan tumbuhan atau binatang mati, kita mengonsumsi energi mereka dan mengubahnya menjadi energi bagi tubuh kita. Reaksi kimia ketika makanan dicerna melepas energi yang dibutuhkan binatang untuk hidup, bergerak dan bereproduksi. Energi itu tidak ada dalam bentuk energi elektromagnetik berbentuk bola cahaya, melainkan panas dan energi kimia.

untuk info pembahasan lebih lanjut klik disini


Semoga Bermanfaat

Getaran Kuantum Pada Otak Manusia, Mimpi adalah Nyata

Posted: 19 Feb 2014 11:44 AM PST


Selama lebih dari 20 tahun teori kontroversial (Orch OR) menyebutkan bahwa kesadaran berasal dari tingkat yang lebih dalam, kegiatan skala yang lebih halus terjadi dalam neuron otak manusia. Tetapi, penemuan terbaru yang memecahkan misteri getaran kuantum dalam 'Mikrotubulus' didalam Neuron otak telah memperkuat kebenaran teori kesadaran kontroversial.

Penrose, Hameroff dan Bandyopadhyay akan mengeksplorasi teori mereka pada sebuah acara yang akan diadakan pada tanggal 16 hingga 18 Januari 2014 di Amsterdam, Belanda. Diskusi panjang ini meperdebatkan makalah tentang 'Microtubules and the Big Consciousness Debate' (Brainstorm Sessions).

Bukti Teori Kesadaran, Getaran Kuantum Otak Manusia

Penrose berusaha membuktikan teori relativitas umum dan teori kuantum menggunakan ide sendiri tentang struktur kemungkinan ruang waktu. Menurutnya, ruang waktu melengkung pada skala Planck tidak kontinyu tetapi diskretasi. Setiap superposisi kuantum yang dipisahkan memiliki sepotong kelengkungan ruang waktu (melepuh dalam ruang waktu). Gravitasi memberikan gaya pada ruang waktu yang melepuh tersebut, menjad itidak stabil di atas skala Planck dan hancur hanya pada salah satu bagian partikel. Semakin besar energi massa benda maka semakin cepat menjalani OR dan sebaliknya. Namun, benda di suatu tempat antara dua skala bisa runtuh pada skala waktu relevan dengan proses saraf.


 
Penrose mengklaim bahwa informasi tersebut dianggap Platonis yang mewakili kebenaran murni matematika, estetika dan nilai etika skala Planck. Hal ini berkaitan dengan ide Penrose tentang tiga dunia, fisik, mental dan dunia matematika Platonis. Menurut teorinya, Platonis sesuai dengan geometri ruang waktu mendasar yang diklaim mendukung pemikiran non-komputasi.

Getaran Kuantum


Menurut ilmuwan, mereka berpendapat bahwa EEG ritme (gelombang otak) berasal dari tingkat getaran Mikrotubulus. Dari sudut pandang sangat praktis, mengobati getaran mikrotubulus otak bisa menguntungkan sejumlah kondisi mental, neurologis dan kognitif. Teori Orch OR pertama kali dikemukakan pada tahun 1990-an oleh Sir Roger Penrose, fisikawan matematika terkemuka dan anestasi terkemuka Stuart Hameroff. Menurut mereka, perhitungan getaran kuantum dalam mikrotubulus diatur input sinaptik dan memori yang tersimpan dalam mikrotubulus (Orch), dan diakhiri dengan tujuan pengurangan (OR), dimana Mirkotubulus merupakan komponen utama dan kerangka struktural sel.

Teori Orch OR mendapat kecaman keras sejak pertama kali diungkapkan kedua ilmuwan, karena otak dianggap terlalu "hangat dan berisik" untuk memproses kuantum yang secara teoritis jauh lebih halus.
Tetapi bukti itu kini telah menunjukkan koherensi getaran kuantum hangat dalam uji fotosintesis tanaman, navigasi otak burung, penciuman dan mikrotubulus otak manusia. Penelitian getaran kuantum dalam mikrotubulus dalam otak dilakukan oleh sekelompok peneliti yang dipimpin Anirban Bandyopadhyay PhD dari National Institute of Material Sciences in Tsukuba. Dalam penelitian ini mereka menguatkan teori Orch OR dan menunjukkan bahwa irama EEG berasal dari tingkat getaran mikrotubulus jauh lebih dalam. Anestesi secara kolektif menghapus kesadaran bersifat sementara dan menghemat aktifitas otak non-sadar, semua ini melalui mikrotubulus pada neuron otak manusia.

Kesadaran mencerminkan alam semesta (lihat juga pembuktian ilmiah terdahulu "Ilmuwan Buktikan: Alam Semesta Adalah Hologram"), sifat keberadaan manusia yang berevolusi dari perhitungan kompleks diantara neuron otak manusia. Hal ini akan membuka potensi Pandora Box, sehingga penggunaan teori terdahulu menghasilkan kesadaran yang berasal dari getaran kuantum yang terjadi di mikrotubulus, polimer protein dalam neuron otak, dimana keduanya mengatur saraf dan fungsi sinaptik serta menghubungkan proses otak untuk mengorganisir diri dalam skala halus (struktur kuantum realitas).

Bukti ini telah jelas mendukung Teori Orch OR walaupun sepanjang perjalanan banyak pendapat skeptis dilontarkan ilmuwan lain selama 20 tahun terakhir. Bit kuantum atau Qubit (Orch OR) dianggap sebagai jalur heliks di kisi mikrotubulus, hal ini merupakan sebuah aspek baru yang di dukung pengujian terkini. Getaran yang di hasilkan kuantum mikrotubulus (Megahertz) terlihat mengganggu dan menghasilkan frekuensi EEG jauh lebih lambat. Selama ini asal usul yang mendasari ritme EEg tetap menjadi misteri, tetapi uji klinis stimulasi otak menghasilkan resonansi mikrotubulus dengan getaran mekanis Megahertz (menggunakan ultra sound transkranial) dan menunjukkan perubahan yang terlihat pada suasana hati, mungkin juga terbukti bermanfaat terhadap penyakit cedera otak.

Teori Orch OR merupakan teori paling kontroversional dan komprehensif, setelah lebih dari 20 tahun akhirnya berhasil diuji melalui kesadaran manusia. Dari sudut pandang praktis getaran kunatum mikrotubulus akan mengobati kondisi mental, neurologis dan kognitif.

Misteri Rangkaian Saraf Manusia Serupa Dengan Galaksi

Posted: 19 Feb 2014 11:18 AM PST


Sistem saraf merupakan salah satu sistem koordinasi yang bertugas menyampaikan rangsangan dari reseptor untuk dideteksi dan direspon oleh tubuh. Sistem saraf memungkinkan makhluk hidup tanggap dengan cepat terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan luar maupun dalam.

Untuk menanggapi rangsangan, ada tiga komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu:

  • Reseptor, adalah alat penerima rangsangan atau impuls. Pada tubuh kita yang bertindak sebagai reseptor adalah organ indera.
  • Penghantar impuls, dilakukan oleh saraf itu sendiri. Saraf tersusun dari berkas serabut penghubung (akson). Pada serabut penghubung terdapat sel-sel khusus yang memanjang dan meluas. Sel saraf disebut neuron.
  • Efektor, adalah bagian yang menanggapi rangsangan yang telah diantarkan oleh penghantar impuls. Efektor yang paling penting pada manusia adalah otot dan kelenjar

 
Struktur alam semesta dan otak manusia ternyata sangat mirip satu sama lainnya. Dalam teori spiritual Taoisme dari Timur, tubuh manusia telah lama dipandang sebagai alam semesta kecil, sebagai sebuah mikrokosmis. Berbagai investasi jutaan dolar telah dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa untuk meneliti fungsi otak, yaitu korelasi antara otak manusia dan alam semesta.

Sebuah studi yg dilakukan oleh Dmitri Krioukov dari Universitas California yg diterbitkan Nature menunjukkan similaritas antara jaringan saraf otak & koneksi jaringan antargalaksi.Tim Krioukov telah mnciptakn sebuah simulasi komputer yg memecah alam semesta ke dalam unit subatomik ruang-waktu.Simulasi tsb menambahkan lebih banyak unit ruang-waktu seiring dg sejarah perkembangan alam semesta.Intraksi yg berkembang antarmateri di galaksi mirip dg intraksi yg trdiri dari jaringan saraf otak manusia.

Fisikawan Kevin Bassler dari Universitas Houston,yg tak terlibat dalam penelitian ini,mengatakan pada Live Science bahwa studi ini menunjukkan tentang sebuah hukum dasar yangg mengatur jaringan ini. Mei 2011,Sayed Hadi Anjamrooz dari Kerman University of Medical Sciences,Iran juga mnerbitkan sebuah artikel di International Journal of the Physical Sciences tentang kesamaan antara sel-sel pada manusia & alam semesta. Mereka menjelaskan bahwa black hole menyerupai nukleus sel,dimana sifat black hole yang memiliki daya hisap gravitasi kuat yang akan menyedot semua obyek disekitarnya amat menyerupai membran nuklir(selubung nukleus). Black hole juga memiliki lapisan ganda seperti pada membran nuklir,sama seperti black hole yang mencegah apapun yang telah masuk untuk keluar,membran nuklir juga mengurai cairan sel mencegah pencampuran & mengatur difusi materi antara bagian dalam dengan bagian luar inti. Selain itu keduanya juga sama-sama memancarkan radiasi elektromagnetik.

Para peneliti menuliskan bahwa hampir semua yang ada dialam semesta(makrokosmis) dapat dicerminkan didalam sel biologis sebagai mikrokosmis. Sederhananya, alam semesta dapat digambarkan sebagai sebuah sel. Dalam beberapa kajian sains, diketahui bahwa atom tak dapat dibagi & memiliki beberapa orbital yang berpusat pada satu titik. Jika menggunakan imaginasi dalam definisi ini, maka akan didapati kesamaan susunan atom dengan orbit-orbit planet yang mengorbit bintang.

Setiap sel, jaringan & organ tubuh manusia disusun oleh molekul yg terdiri dari banyak atom-atom,dimana sebuah atom adalah bagian kecil dari suatu unsur yang membentuk elemen-elemen utuh seperti tubuh manusia. Atom terdiri dari partikel sub-atomik dengan 3 unsur utama yaitu neutron,proton & elektron.Atom yang bersenyawa disebut sebagai molekul.

Stephen Hawkins,pernah menulis sebuah buku brjudul "The Universe in a Nut Shell" dapat dianalogikan maksud dari judul bahwa alam semesta ini bisa jadi adalah bagian kecil dari isi kacang ataupun materi lainnya yang tak dapat dijangkau. Tak hanya Hawking yang menulis tentang keberadaan jagad atom tapi juga Dalai lama dalam bukunya "The Universe In a Single Atom", meski Dalai Lama tidak sepenuhnya setuju dengan sains untuk tulisan suci tapi dia menemukan bahwa sains & spiritualitas memiliki keterkaitan satu sama lain. Pada dasarnya kedua tokoh ini memiliki pandangan ilmiah masing-masing. Seperti teori big bang, Budha juga berkeyakinan bahwa alam semesta ini adalah tak terbatas & tak berawal. Filosofi spt ini masuk akal, jika dikaji kembali dalam matematika,krn tak ada yg tahu angka berapakah yang memulai & angka berapakah yang mengakhiri.




Lebih banyak mana, jumlah sel-sel dalam tubuh manusia atau jumlah bintang-bintang dalam satu galaksi?

Bicara jumlahnya sangat luar biasa. Pertama kita lihat manusia. Kita mulai dari zigot: sebuah sel telur untuk pembuahan. Dari situ, kita tumbuh menjadi manusia dewasa, yang dibangun oleh 75 triliun hingga 100 triliun sel! Lebih menariknya, sel yang membentuk rangka dan organ-organ internal, sistem syaraf dan kulit, pembuluh darah, dan otak, hanya berjumlah kira-kira 4 triliun.

Lalu, kemana sisanya ? Lihat tubuh Anda, menjaga Anda tetap hidup dan berfungsi. Tubuh Anda terbentuk dari 1 triliun sel-sel darah putih dari jenis yang bermacam-macam. Kira-kira 2 triliun trombosit, dan 30 triliun sel-sel darah merah ! Ini artinya tiap kali Anda mendonorkan darah, dalam satu takaran (0,6 liter) Anda telah kehilangan 4.000.000.000.000 sel !

Terdapat juga kira-kira 40 triliun sel-sel bakterial yang tinggal di tubuh Anda (kebanyakan di usus besar), membantu proses pencernaan. Oke, berarti semuanya ada 75 triliun sel dalam tubuh Anda.


 
Sekarang kita lihat satu galaksi biasa, galaksi kita sendiri, atau mungkin tetangga terdekat: Andromeda. Di galaksi-galaksi, Matahari kita bukan bintang yang biasa, yang benar-benar sangat terang. Hanya kira-kira 10 persen dari bintang-bintang itu yang mirip dengan matahari kita (bintang tipe G). Artinya 90 persen lainnya lebih gelap, lebih dingin, dan lebih kecil.

 
Faktanya, saat malam Anda melihat ke langit, ratusan bahkan ribuan bintang yang dekat dengan kita (berjarak kira-kira 30 tahun cahaya), berapa banyak yang bertipe O ? Nggak ada. Tahu berapa yang tipe B ? Nggak ada juga. Yang tipe A ? Empat.

Kebanyakan bintang-bintang adalah yang Anda kira bukan bintang. Seperti halnya sel-sel darah merah dan bakteri pencernaan di tubuh Anda yang Anda anggap bukan sel-sel ketika memikirkan tubuh manusia. Tapi, saat kita menghitung semua bintang di satu galaksi, kita mendapatkan jumlah yang sangat besar: 400 miliar ! Jumlah itu memang tidak seberapa dibanding 75 triliun sel-sel dalam tubuh manusia. Tapi ingat, itu hanya hitungan untuk satu galaksi biasa. Bagaimana dengan galaksi terbesar di jagat raya ?

Di pusat salah satu cluster galaksi terbesar yang pernah ditemukan, Abel 2029, terletak sebuah galaksi berukuran 6 juta tahun cahaya, atau lebih dari 60 kali diameter galaksi kita Bima Sakti (yang hanya berjarak 100.000 tahun cahaya). Lalu berapa jumlah bintang-bintangnya ? Diperkirakan lebih dari100 triliun ! Itulah galaksi terbesar di jagat raya pernah ditemukan yang diberi nama IC 1101.

Para peneliti menuliskan bahwa hampir semua yang ada di alam semesta raya (makrokosmis) dapat dicerminkan di dalam sel biologis sebagai mikrokosmis. Sederhananya, alam semesta dapat digambarkan sebagai sebuah sel. 
 
semoga bermanfaat

5 Teknologi Baru Paling Menakutkan Jika Disalahgunakan

Posted: 19 Feb 2014 11:11 AM PST


Teknologi memang sangat berkembang pesat saat ini. Penemuan teknologi baru memungkinkan manusia untuk lebih mempermudah segala urusan dan kegiatan. Namun penemuan teknologi baru ini tidak selamanya membuat manusia nyaman dalam urusan. Bisa-bisa mengancam. Berikut serupedia membahas 5 Teknologi Baru Paling Menakutkan yang Bisa Disalahgunakan yang dilansir dari livescience.


1. Google Glass






Google bersiap menjual kacamata pintar bernama Google Glass. Ia dibekali beragam kecanggihan yang malah membuatnya menakutkan bagi sebagian orang.

Misalnya fungsi merekam video, menjepret foto cukup dengan perintah suara. Atau kemampuan untuk mengenali wajah seseorang cukup dengan memandang. Hal itu dianggap menjadikan Google Glass sebagai perangkat mata-mata.

Bahkan, beberapa restoran sudah melarang pemakaian Google Glass dengan alasan mengganggu privasi pengunjung. Padahal, perangkat itu saat ini belum dijual bebas.

Ada pula kekhawatiran Google Glass bisa merusak mata. Google bahkan sudah memperingatkan perangkat ini jangan dipakai anak usia di bawah 13 tahun karena mungkin mengganggu penglihatan.


2. Hadron Collider






Hadron Collider adalah sebuah mahakarya manusia. Ini merupakan akselerator partikel dengan energi tertinggi dan terbesar di dunia, yang diciptakan oleh CERN, lembaga ilmu pengetahuan di Eropa.

Hadron Collider membentang sepanjang 27 kilometer di kedalaman 175 meter yang berlokasi di Jenewa, Swiss. Pembuatannya ditujukan untuk memecahkan pertanyaan fisika tentang kelahiran alam semesta.

Hadron Collider menubrukkan proton bersamaan dalam kecepatan cahaya dan mampu menciptakan partikel energi powerful. Bahkan punya kapasitas untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang bisa merusak planet bumi.

Hadron Collider beberapa kali sempat mengalami masalah. Maka diitakutkan jika tidak dikendalikan dengan baik bisa menimbulkan bencana besar.

3. Mobil Otomatis




Mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa bantuan pengemudi bukan lagi mimpi. Google misalnya, sudah mengujicoba mobil yang bisa menemukan jalurnya sendiri. Memang mobil otomatis ini mungkin sangat bermanfaat. Misalnya orang tidak perlu lelah lagi mengemudi, cukup serahkan pada komputer dan radar mobil.

Orang-orang tuna daksa atau tuna netra pun dapat memetik manfaatnya. Karena mereka tetap bisa menggunakan mobil dan diantar ke tempat yang diinginkan.

Namun demikian, ada kekhawatiran terjadi error dalam sistem dan kemudian mobil celaka. Meski sistem keamanannya diklaim sudah mumpuni, tetap saja kemungkinan tersebut menjadi sebuah kekhawatiran.


4. Printer 3D





Teknologi printer bukan hanya bisa mencetak tulisan atau gambar di atas kertas. Namun juga dalam bentuk barang melalui printer 3D.

Printer 3D pada dasarnya adalah mesin yang mampu membuat obyek solid 3 dimensi dalam berbagai bentuk yang berasal dari model digital.

Kini, harga Printer 3D semakin murah dan semakin banyak perusahaan yang membuatnya. Yang menakutkan adalah, printer seperti ini berpotensi digunakan untuk membuat senjata oleh orang biasa.

Dalam berbagai video online, ditunjukkan bagaimana membuat senjata api yang bisa bekerja cukup berbekal printer 3D. Jika dibuat oleh orang yang salah, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Pesawat Tanpa Awak




Perkembangan teknologi pesawat tanpa awak atau drones semakin pesat. Ya, pesawat itu bisa beroperasi secara mandiri tanpa pengemudi di dalamnya, cukup berbekal remote kontrol. Militer pun sudah banyak yang mengoperasikan pesawat tanpa awak. Seperti Amerika Serikat yang menggunakannya di medan perang Afghanistan.

Semakin banyak lembaga disinyalir menguji coba pesawat tanpa awak. Jika nantinya disalahgunakan, tentu dapat membahayakan.

Misalnya jika pesawat tersebut dibekali dengan senjata dan digunakan untuk maksud-maksud yang berbahaya. Tentu bisa mengakibatkan kerugian yang besar.

Internet di Bulan Lebih Kencang dari Bumi

Posted: 19 Feb 2014 11:05 AM PST


Ilustrasi komunikasi laser antara Bumi dan Bulan. (NASA)


Internet tak hanya dibutuhkan di Bumi. Dalam eksplorasi antariksa, komunikasi data satelit dengan pesawat ruang angkasa menggunakan jaringan Internet.

Bedanya, jika di daratan koneksi Internet kadang macet, di antariksa koneksi Internet didesain super kencang, lebih lancar minim interferensi, dibandingkan koneksi di Bumi.

Melansir Daily Mail, Rabu 19 Februari 2014, kolaborasi Badan Antariksa AS (NASA) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menguji coba koneksi kencang data pada pesawat antariksa yang mengorbit di Bulan. Kuncinya ada pada penggunaan teknologi laser.

Pada Oktober tahun lalu, tim peneliti memanfaatkan laser untuk mentransfer data dari pesawat yang mengorbiti Bulan ke Bumi. Saat itu, transfer data cukup mencengangkan, 622 MB per detik (4.976 Mbps).

Jika dilihat memang masih belum sampai pada kapasitas Giga Byte, namun mempertimbangkan jarak orbit Bulan ke Bumi, hal itu cukup luar biasa.

Bahkan, komunikasi antariksa yang menggunakan frekuensi radio saat ini, disebutkan puluhan kali lebih lemot dari uji coba komunikasi laser itu.

"Ini bekerja seperti gangbuster, sangat cepat. Sistem ini melakukan apa yang dibutuhkan," ujar Don Boroson, pemimpin tim desain Lunar Laser Communication Demonstration (LLCD) Lincoln Lab, saat mempresentasikan hasilnya di konferensi SPIE Photonics West.

Selama beberapa bulan, NASA dan insinyur Lincoln Lab untuk pertama kali menguji jaringan laser dua arah antara Bulan dan Bumi. Misi uji coba LLCD ini adalah langkah NASA untuk beralih dari komunikasi frekuensi radio ke laser di antariksa.

Lebih andal

Selain andal untuk transfer video HD, teknologi komunikasi laser ini juga memungkinkan manusia untuk mengendalikan robot atau mesin dari jarak jauh. Termasuk melakukan tugas penambangan atau pembangunan struktur di Bulan.

"Tujuan dari uji coba LLCD ini adalah memvalidasi dan membangun kepercayaan teknologi ini, sehingga misi masa depan dapat mempertimbangkan untuk memakai teknologi ini," jelas Don Cornwell, Manager LLCD.

Teknologi komunikasi laser dipandang lebih aman dan andal terhadap gangguan maupun kemacetan (jamming).

INI VIDEO NYA



Jika misi LLCD sukses, NASA sudah menyiapkan misi lanjutan
Laser Communication Relay Demonstration (LCRD), yang dijadwalkan meluncur pada 2017.

LCRD yang direncanakan berjalan selama lima tahun itu bertujuan menguji sejauh mana keandalan teknologi komunikasi laser.

Uji coba LLCD di atas pesawat antariksa LADEE milik NASA akan menjalankan misi robotik selama 100 hari dengan tahapan perjalanan 30 hari LADEE ke bulan, diikuti operasi LLCD selama 30 hari berikutnya setelah sampai di orbit Bulan.

Misi utama LLCD yaitu mengirimkan ratusan juta bit data per detik dari Bulan ke Bumi, itu setara dengan transmisi data lebih dari 100 saluran televisi HD secara bersamaan. Misi ini juga akan menguji kemampuan penerimaan data LLCD.

Di daratan terdapat terminal utama, White Sands Complex NASA di New Mexico, yang akan menerima dan mengirimkan sinyal LLCD.

Terminal itu akan didukung dua stasiun alternatif, yaitu Jet Propulsion Laboratory NASA di California dan stasiun milik Badan Antariksa Eropa (ESA) di Kepulauan Tenerife, Spanyol. (art)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar